Sistem Pencernaan Makanan

STANDAR KOMPETENSI

  • Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

KOMPETENSI DASAR

  • Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

INDIKATOR

  • Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia;
  • Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada didalamnya;
  • Menjelaskan fungsi makanan bagi manusia
  • Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi serta fungsinya bagi tubuh;
  • Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upanya mengatasinya.

wsda

Menurut pendapatmu, menggambarkan apakah dua buah foto diatas? Apakah dapat dikatakan yang satu kelebihan makanan dan yang lain kekurangan makanan? Mengapa ada orang yang gemuk dan sebaliknya?

Setiap hari kita makan. Makanan yang kita makan dicerna oleh tubuh. Bagaimanakah cara tubuh mencerna makanan? Apakah organ yang berperan dalam pencernaan makanan? Apakah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan makanan? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu, akan kalian dapatkan setelah mempelajari materi ini.

A. Pencernaan Makanan

Makanan yang kita makan akan berguna jika telah dicerna. Makanan dicerna untuk diambil sari-sarinya. Untuk memahami pencernaan makanan di dalam tubuh kita, kalian harus memahami saluran dan kelenjar pencernaan.

1. Saluran Pencernaan

fghfsDidalam tubuh kita makanan dicerna oleh alat-alat pencernaan. Karena berupa saluran, alat-alat pencernaan disebut juga saluran pencernaan. Saluran pencernaan manusia terdiri atas mulut; pangkal kerongkongan (faring); kerongkongan (esofagus); lambung; usus halus/usus kecil, dan dubur.

2. Kelenjar Pencernaan

Kelenjar adalah organ tubuh yang menghasilkan getah tertentu. Kelenjar yang membantu pencernaan makanan disebut kelenjar pencernaan. Kelenjar pencernaan manusia terdiri atas kelenjar ludah; kelenjar getah lambung; hati; pangkreas; dan kelenjar usus halus.

B. Makanan

makanan

1. Macam-macam Zat makan dan fungsinya

Sebagai makhluk hidup, manusia juga memerlukan makan. Fungsi makan bagi manusia adalah sebagai sumber energi. Manusia mendapatkan energi dari makanan melalui proses pernapasan. Energi ini akan digunakan untuk melakukan berbagai proses hidup yang lain.

Fungsi makan yang lain, antara lain untuk:

  • pertumbuahn dan pembangunan tubuh;
  • untuk memelihara dan menggantiakn sel-sel yang rusak atau sudah tua;
  • untuk mempertahankan tubuh terhadap berbagai macam penyakit;
  • untuk pengaturan proses-proses tubuh, misalnya menjaga keseimbanagn cairan tubuh.

Zat makanan yang diperlukan manusia dapat dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu makanan makro (makronutrein) dan makanan mikro (mikronutrien). Makan makro meliputi karbohidrat, lemak, dan protein, sedangkan makan mikro meliputi vitamin dan mineral. Satu zat makanan lagi yang tak kalah pentingnya adalah air. Air sangat diperlukan dalam pencernaan zat makanan di dalam tubuh. Selain makan makro, makanan mikro, danair hal yang tidak boleh dilupakan dalam makanan kita adalah serat makanan.

  1. a. Karbohidrat

karbohidrat

GAMBAR

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat.

Karbohidrat adalah nama umum untuk bahan-bahan yang mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O) yang tersusun dalam suatu susunan tertentu. Karbohidrat tersusun oleh ketiga unsur tersebut dengan komposisi CnH2nOn. Jenis karbohidrat yang biasa dikonsumsi jenisnya bermacam-macam, misalnya gula, tepung (amilum), dan serat (selulosa). Karbohidrat merupakan zat makanan yang kita peroleh dari tumbuh-tumbuhan. Dapatkah kamu menyebutkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat? Bagi tubuh kita, karbohidrat merupakan sumber energi paling utama. Oleh karena itu, karbohidrat diperlukan dalam jumlah yang cukup besar. Karbohidrat yang kamu konsumsi pada umumnya merupakan molekul besar. Oleh karena itu, karbohidrat perlu dicerna terlebih dahulu oleh alat-alat pencernaan agar dapat diserap oleh tubuh. Proses pencernaan akan dibahas pada bagian selanjutnya.

b. Protein

Protein tersusun oleh unsur karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan nitrogen (N). Bagi tubuh, protein memegang peranan penting untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, protein juga diperlukan sebagai pembangun enzim. Karena protein sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan, kamu hendaknya banyak makan makanan yang mengandung protein. Sebab, saat ini kamu berada dalam masa-masa penting untuk pertumbuhan badanmu. Protein nabati dapat diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuhan, misalnya kacang-kacangan. Adapun protein hewani diperoleh dari sumber hewan, misalnya ikan, daging, dan telur. Seperti halnya karbohidrat dan lemak, protein juga merupakan molekul yang besar sehingga harus dicerna terlebih dahulu agar dapat diserap tubuh.

images

lemak

Telur dan ikan merupakan bahan makanan yang banyak mengandung protein

c. Lemak

Seperti halnya karbohidrat, lemak juga tersusun oleh unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Walaupun unsure pembentuknya sama, namun susunan unsur-unsur tersebut berbeda. Bagi tubuh kita, lemak mempunyai fungsi yang sangat penting. Selain sebagai sumber energi, lemak juga merupakan penyusun membran sel, sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K, serta sebagai cadangan makanan bagi tubuh. Lemak dapat diperoleh dari tumbuhan (nabati) maupun hewan (hewani). Beberapa bahan makanan yang mengandung banyak lemak, misalnya kacang-kacangan, minyak goreng, daging dan susu. Dapatkah kamu menyebutkan sumber makanan lain yang banyak mengandung lemak? Seperti halnya karbohidrat, lemak merupakan molekul yang sangat besar. Oleh karena itu, harus dicerna terlebih dahulu agar dapat diserap oleh tubuh.

 

susu

Segelas susu  merupakan makanan yang banyak mengandung lemak.

d. Vitamin

fgdfVitamin dapat berfungsi sebagai ko-enzim, yaitu suatu zat yang memacu bekerjanya suatu enzim. Terdapat dua kelompok vitamin, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan tidak larut dalam lemak. Vitamin larut dalam lemak mempunyai sifat dapat disimpan. Bila jumlah yang tersedia lebih banyak dari yang diperlukan tubuh, akan disimpan di dalam lemak dalam waktu yang cukup lama. Berbeda dengan vitamin yang tidak larut dalam lemak, bila masukan vitamin melebihi jumlah yang diperlukan oleh tubuh, kelebihannya akan dibuang ke luar tubuh.

Kekurangan vitamin akan menyebabkan defisiensi avitaminosis), contoh:

  • kekurangan vitamin A, menderita rabun senja
  • kekurangan vitamin B1, menderita beri-beri
  • kekurangan vitamin B12, menderita anemia
  • kekurangan vitamin C, menderita skorbut
  • kekurangan vitamin D, menderita rachitis
  • kekurangan vitamin K, darah sukar membeku
  • kekurangan vitamin E, menderita infertil (organ kelamin tidak subur).

e. Mineral

Mineral merupakan bahan-bahan anorganik (tak hidup). Tubuh kita sangat membutuhkan mineral untuk pembentukan struktur tubuh. Beberapa mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, misalnya kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi, besi untuk pembentukan hemoglobin, natrium untuk proses kontraksi otot, dan fosfor untuk proses pembentukan energi dalam sel. Susu merupakan bahan makanan yang cukup lengkap dan mengandung mineral yang diperlukan oleh tubuh. Seperti halnya vitamin, mineral langsung diserap tanpa harus melalui proses pencernaan. Kini, kamu telah mengetahui bahwa ternyata ada zat makanan yang harus dicerna terlebih dahulu agar dapat diserap, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Selain itu, ada juga zat makanan yang tidak perlu dicerna lagi sebab dapat langsung diserap tubuh.

f. Air

Penyusun terbanyak tubuhmu adalah air. Air berperan dalam berbagai proses dalam tubuh, baik proses pencernaan maupun dalam reaksi-reaksi kimia. Air merupakan pelarut yang baik. Oksigen dan nutrient nutrien dalam makanan tidak dapat memasuki sel-sel tanpa air. Air juga berperan dalam pengaturan suhu tubuh.

g. Serat

Pentingnya serat makan belakangan ini digalakkan lagi. Fungsi utama serat makan adalah merangsang aktivitas salurran pencernaan sehingga memperlancar proses pembuangan sisa-sisa pencernaan. Dengan demikian, sisa-sia pencernaan tidak terlalu lama berada di dalam usus besar yang dapat mengakibatkan tubuh keracunan. Sealin itu, serat makan menyerap banyak air sehingga membuat makan menjadi lebih lunak dan mudah dicerna.

Serat makanan hanya diperoleh dari makan yang berasal dari tumbuhan. Serat makanan terdiri atas karbohidrat kompleks, misalnya solulosa yang menyusun dinding sel. Makan berserat dapat ditentukan pada sayur-sayuran [buncis,ercis, bayam, kangkung, dan sawi], buah-buahan [apel, papaya, jeruk, pisang, semangka], dan kacang-kacangan [kacanghijau, kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang merah].

pencernaanSistem pencernaan atau sistem gastroinstestin, adalah sistem organ dalam hewan  multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda. Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia dibagi menjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari – sari makanan yang terjadi di dalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa – sisa makanan melalui anus. Saluran Pencernaan Di dalam tubuh kita makanan dicerna oleh alat-alat pencernaan. Karena berupa saluran, alat-alat pencernaan disebut jiga saluran pencernaan. saluran pencernaan manusia terdiri atas mulut; pangkal kerongkongan (faring); kerongkongan (esofagus); lambung; usus halus/usus kecil, meliputi usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum); usus besar; meliputi usus tebal (kolon) dan poros usus (rektum); dan dubur (anus).

lebih lanjut

lihat disini ya…>sistem pencernaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: